Resume CLAP

NAMA : Fadhilah Miftahurahman
Kelas   : MB 41-02
NIM     : 1401170041

Resume Kuliah umum dengan tema “E-Commerce”

Pembicara : Ibu Ratih Wiweka

Rabu, 14 Februari 2018

Clap adalah customer loyalty app. App ini ditujukan untuk pelaku UMKM, terutama di bidang fashion yang sebelumnya belum dapat mengelola pelanggan dengan baik.

Problem with the traditional file environment:

Data redundancy : duplicate data
Data inconsistency : different value
Program Data Dependence :
Lack of flexibility
Poor security
Lack of data sharing and availability

Merchant:

Kesulitan mengelola data pelanggan dan juga kesulitan mengetahui customer yang loyal dengan profil nya.

-mencatat data secara manual
-‎tidak lengkap data nya
-‎transaksi tidak tercatat (scattered)
-‎tidak dapat mengklasifikasikan pelanggan yang loyal.

End User:

Kesulitan mendapatkan informasi dari merchant favorite mereka.

-informasi penawaran yang menarik
-‎penawaran yang tidak sesuai kebutuhan
-‎tidak dapat mengklasifikasikan pelanggan yg loyal.

Pada saat membuka aplikasi CLAP, kita diarahkan untuk mengisi data diri secara lengkap. Maka CLAP telah memberikan solusi kepada merchant dengan memberikan informasi data pelanggan yang lengkap secara valid. Juga dengan adanya promo, pelanggan pun diberikan informasi mengenai adanya promo yang sedang berlangsung.

Solution:

Messaging
Profiling
Relevant offering

Ketiga solusi tersebut, diberikan oleh CLAP, baik kepada merchant maupun kepada end users (pelanggan). Data yang diberikan pun sudah di klasifikasi sehingga merchant dapat mengoptimalkan data yang ada untuk meningkatkan penjualan mereka.

CLAP dibagi menjadi dua, satu mobile app yang ditujukan untuk pelanggan. Dan yang kedua berupa web yang ditujukan untuk merchant. Untuk merchant terdapat dashboard yang berisikan statistik yang akan mendukung keputusan bisnis para pelaku usaha. Selain itu, merchant akan mendapatkan report berupa trend penjualan dan pertumbuhan dari customer mereka.

6 Strategic Business Objectives That Can be Achieved by Investing in Info Sys.
-Operational Excellence
-‎New products, services, and business models
-‎Customer and supplier intimacy
-‎Improved decision making
-‎Competitive advantage
-‎Survival

Four generic strategies for dealing with competitor
-Low cost leadership
-‎Product differentiation
-‎focus on market
-‎strengthen custom and sup intimacy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *